Friday, August 3, 2012

ANTARA BALI & BALIBAR (seri: 1)

Mengapa CNRT Tidak Mau Berkoalisi Dengan FRETILIN? Apakah Ini Adalah Praktek Politik Eliminasi?


by Rama Cristo on Saturday, 21 July 2012 at 00:02 ·

Pengunjung Rama Clinico yang dikasihi ALLAH.

Atas Kemurahan ALLAH, saya masih bisa menuliskan artikel ini. Semoga Anda menyukainya. Tapi sekiranya Anda tidak menyukai artikel ini, maka tidak usah dibaca. Kalau kemudian Anda baca dan ternyata isi artikel ini tidak berkenan di hati Anda, maka itu terjadi bukan karena; "Bunda Salah Mengandung". Karena saya menuliskan artikel ini sebagai seorang MISTIKUS, bukan POLITIKUS.

ANTARA BALI & BALIBAR

Judul utama artikel ini adalah; ANTARA BALI & BALIBAR. Saya memilih judul ini, karena terinspirasi dari berita yang dipublikasikan salah satu Harian Nasional (Harian On Line); tertanggal 20 Juli 2012. Harian termaskud memberitakan bahwa Pak Xanana saat ini sedang berkonsentrasi di BALIBAR untuk mempersipkan Postura GOVERNO V (Memilih para Menteri dan Sekretaris Negara yang dianggap layak untuk duduk di dalam GOVERNO V mendatang).

Saya senang menggunakan konstruksi kalimat  (judul) ini karena pada saat Pak Xanana sedang menyusun Kabinet Baru-nya di BALIBAR, dekat Tenggara Kota Dili, pada saat yang bersamaan, saya menulis artikel ini di BALI. Saya ingin sekali mengatakan; "Bahwa lazimnya segala sesuatu yang dimulai dengan chaos (kekacauan) dan (apalagi) pertumpahan darah manusia, maka perjalanan selanjutnya, hampir bisa dipastikan akan melewati jalan-jalan yang terjal, berliku, dan penuh duri, yang setiap saat bisa menghadang laju Governo V pada periode mendatang".

TERSINGKIRNYA FRETILIN DARI KOALISI, APKAH AKIBAT PRAKTEK POLITIK ELIMINASI "XANANA" ATAU PRAKTEK POLITIK ELIMINASI CNRT SECARA LEMBAGA?

Ada salah satu pertanyaan menarik yang perlu dimunculkan. Mengapa Fretilin harus tersingkiri dari Koalisi? Atas kehendak siapa? Apakah ini adalah karena keputusan CNRT sebagai sebuah Lembaga Politik? Atau kehendak seorang Xanana sebagai "satu-satunya maskot" dalam tubuh CNRT?

Adakah di antara FB'ers yang menemukan bahwa di dalam tubuh Parpol CNRT, ada figur (tokoh) lain, selain Xanana, yang popularitasnya, ketokohannya, kharismanya, pengaruhnya, pandangan-pandangannya, dianggap mampu mengamputasi, atau membatasi atau minimal mengeleminir ruang gerak seorang Xanana?

Kalau jawabannya tidak ada tokoh yang bisa memainkan peran penyeimbang dalam tubuh CNRT, maka; "Menurut Anda, tersingkirnya Fretilin dari Koalisi adalah karena "Kehendak dan keputusan CNRT?" Atau "Kehendak Seorang Xanana?".


BERSAMBUNG


No comments:

Post a Comment